Jumat, 10 Februari 2012

The Cashflow Quadran

Menurut pakar bisnis dunia Robert T Kiyosaki, penghasil pendapatan seseorang atau yang terkenal dengan sebutan cash flow quadran dibagi menjadi 4, yang terbagi menjadi kuadran kanan dan kuadran kiri. Pada kuadran kiri terdapat E(Employee) dan S (Self Employed), sedangkan pada kuadran kanan terdapat B (Business Owner) dan I (Investor).
 

Kuadran Kiri
Employee adalah pekerja/karyawan mulai dari tingkat terendah sampai tingkat tertinggi yang intinya adalah mereka yang bekerja pada orang lain. Sedangkan, Self Employed adalah mereka yang bekerja secara lepas, mereka selalu berusaha menjadi bos bagi diri mereka sendiri, contohnya dokter, pengacara, konsultan, arsitek,dll.
 
Pada kuadran kiri pola yang terjadi adalah untuk menghasilkan income mereka harus bekerja. Apabila tidak bekerja maka tidak ada income yang masuk.

Kuadran Kanan
Business Owner adalah pemilik usaha, mereka seolah membuat suatu ‘mesin uang’ yang bekerja secara terus menerus untuk menghasilkan income kepada mereka. Mereka tidak bekerja secara keras seperti employee atau self employed, mereka selalu punya waktu luang dan bisa menikmati hidup seperti yang mereka inginkan.
Investor adalah mereka yang tidak punya masalah dengan uang, pekerjaan mereka adalah berinvestasi. Mereka selalu berfikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan.
 
Pada kuadran kanan mereka bekerja untuk menghasilkan aset yang kemudian mampu menghasilkan income bagi mereka. Aset inilah yang kemudian bekerja layaknya ‘mesin uang’ yang akan menghasilkan income bagi pemiliknya. Orang-orang yang berada pada kuadran kanan tidak terlalu terikat dengan waktu dan jam kerja yang padat, apabila mereka tidak dapat bekerja maka tidak akan ada masalah dengan income karena sistem yang dibuat sudah mampu menghasilkan income secara baik. Permasalahan yang sering muncul pada kuadran kanan adalah bagaimana membuat suatu aset atau ‘mesin uang’ yang baik yang dapat menghasilkan profit, dapat dijual kepada para investor, dan mampu terus bekerja tanpa harus sang pemiliki aset ikut bekerja dan terlibat secara penuh di dalam sistem.

Saya tidak akan membahas secara mendalam semua kuadaran di atas, saya akan menekankan pada kuadran Business Owner, yang akan saya jelaskan kemudian pada tulisan saya selanjutnya yang berjudul “ Bisnis Jalan, Owner Jalan-Jalan”. So, simak terus yaa, hehehe

Catatan si eM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar